Pengertian dan Langkah-langkah Model Mind Mapping dalam Pembelajaran

Pengertian Model Mind Mapping dalam Pembelajaran
Pada artikel sebelumnya telah dituliskan tentang Pengertian Model Pembelajaran dan Pengertian Metode Pembelajaran. Pada artikel ini saya menuliskan tentang pengertian dan langkah-langkah model mind mapping dalam pembelajaran di kelas yang diajarkan oleh guru bidang studi. 

Mind mapping atau sebut saja dengan peta pikiran merupakan suatu cara otak manusia bekerja dalam menyimpan informasi kemudian informasi tersebut dijabarkan ke dalam langkah-langkah. Mind Mapping adalah sebuah teknik pemanfaatan keseluruhan otak dalam membuat catatan yang menyeluruh pada satu halaman dengan menggunakan citra visual dan perangkat grafis lainnya untuk membentuk kesan yang lebih dalam. 

Menurut Zainal Aqib (2013: 23) “Model Pembelajaran mind mapping diperkenalkan oleh Toni Buzan, model ini baik digunakan untuk pengetahuan awal siswa atau untuk menemukan alternatif jawaban”. 

Sementara itu Silberman (2013: 200) mengemukakan bahwa “Peta pikiran (mind mapping) merupakan cara kreatif bagi tiap siswa untuk menghasilkan gagasan, mencatat apa yang dipelajari, atau merencanakan tugas baru”.

Selain itu menurut Bobby De Porter dan Mike Hernacki (2013: 153), “Mind Mapping (Peta Pikiran) adalah pemanfaatan keseluruhan otak dengan menggunakan Citra Visual dan grafis lainya untuk membentuk kesan antara otak kiri dan otak kanan yang ikut terlibat sehingga mempermudah memasukkan informasi ke dalam otak”. 

Menurut Tony Buzan (2008:4) mengemukakan bahwa "Mind maping adalah cara mengembangkan kegiatan berpikir ke segala arah, menangkap berbagai pikiran dalam berbagai sudut. Mind maping mengembangkan cara berpikir divergen dan berpikir kreatif. Mind mapping yang sering kita sebut dengan peta konsep adalah alat berpikir organisasional yang sangat hebat yang juga merupakan cara termudah untuk menempatkan informasi ke dalam otak dan mengambil informasi itu ketika dibutuhkan".

Beberapa paparan pendapat di atas, maka dapat disimpulkan bahwa Mind mapping adah sebagai proses memetakan pikiran untuk menghubungkan konsep-konsep permasalahan tertentu dari cabang-cabang sel saraf membentuk korelasi konsep menuju pada suatu pemahaman dan hasilnya dituangkan langsung di atas kertas dengan animasi yang disukai dan gampang dimengerti oleh pembuatnya. Sehingga tulisan yang dihasilkan merupakan gambaran langsung dari cara kerja koneksi-koneksi di dalam otak.

Teknik pencatatan ini dikembangkan oleh Tony Buzan pada tahun 1970-an berdasarkan riset tentang cara kerja otak. Otak seringkali mengingat informasi dalam bentuk gambar, simbol, suara, bentuk-bentuk, dan perasaan. Peta pikiran menggunakan pengingat-pengingat visual dan sensorik ini dalam suatu pola dari ide-ide yang berkaitan seperti peta jalan yang digunakan untuk belajar, mengorganisasikan dan merencanakan. Peta ini dapat membangkitkan ide-ide orisinal dan memicu ingatan yang mudah. Ini jauh lebih mudah daripada metode pencatatan tradisional karena mengaktifkan kedua belahan otak. Cara ini juga menenangkan, menyenangkan, dan kreatif.

Langkah-langkah Model Mind Mapping dalam Pembelajaran
Adapun langkah-langkah Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping menurut Zainal Aqib (2013:23) adalah sebagai berikut:
  1. Guru menyampaikan kompetensi yang ingin di capai.
  2. Guru mengemukakan konsep/permasalahan yang mempunyai alternatif jawaban. 
  3. Membentuk kelompok yang anggotanya 2-3 orang
  4. Tiap kelompok menginventarisasi/mencatat alternatif jawaban hasil diskusi.
  5. Tiap kelompok (atau diacak kelompok tertentu) membaca hasil diskusinya, guru mencatat di papan dan mengelompokkan sesuai kebutuhan guru.
  6. Dari data-data di papan, siswa diminta membuat kesimpulan atau guru memberi bimbingan sesuai konsep yang disediakan guru.
Pengertian dan Langkah-langkah Model Mind Mapping dalam Pembelajaran Pengertian dan Langkah-langkah Model Mind Mapping dalam Pembelajaran Reviewed by Rabudin on July 16, 2019 Rating: 5

No comments:

Silahkan tulis komentar anda pada kolom di bawah. Terima Kasih Telah Berkunjung.

Powered by Blogger.