Faktor-faktor Yang Menyebabkan Kecanduan Game Online


Faktor Penyebab Kecanduan - Ketika melihat seseorang yang sangat mementingkan game online, maka orang tersebut akan menghabiskan banyak waktu untuk kesenangan yang sedang dimainkan sehingga tidak terlalu menghiraukan hal-hal yang lain. Kecanduan game online bukan hanya terjadi dengan sendirinya, tetapi juga ada penyebabnya. Menurut Alan Shiu Ho Kwan (2000: 40), ada beberapa faktor-faktor yang melatarbelakangi seorang anak kecanduan game online, yaitu faktor internal dan faktor eksternal.

Faktor-faktor Yang Menyebabkan Kecanduan Game OnlineFaktor Internal
Faktor internal adalah suatu penyebab yang dialami oleh seseorang anak  berdasarkan  dari  dorongan dalam  diri, sebagai contohnya adalah :  (1) Adanya keberagaman pilihan, (2) Stres  atau depresi, dan (3)  Kurang kegiatan.  Lebih  lanjut  faktor-faktor  internal  akan dijelaskan  sebagai berikut ini. Semakin banyak pengguna game online maka banyak pula pencipta “creator”  yang  menciptakan game  online  dengan  lebih  menarik dan mengasyikkan. Tampilan  visual  dari  game  online  juga mempengaruhi minat pemain, karena semakin bagus tampilan  visual dan kecanggihan game online semakin banyak pula  pemainnya.  Sebagian  besar  para pemain  game online  adalah  anak laki-laki, maka para  pencipta “creator” berusaha menyesuaikan  dan membuat game online baru menurut selera anak laki-laki dan  terbukti ketika tantangan dan aksesibilitasinya ditambah atau  semakin menantang maka pemain bertambah banyak karena sebagian dari anak-anak yang bermain game online menyatakan lebih menyukai  game online  yang  menantang  seperti  peperangan  yang bisa didapat  di  game  online  bernama  Point  Blank,  Travian,  dan  Rf Online.

Seperti orang dewasa, anak juga bisa merasakan depresi. Tertekan dengan mata pelajaran di sekolah, tidak mendapatkan perhatian orang tua, merasa terkekang, dan tersingkir dari  pergaulan. Beberapa anak menggunakan media untuk menghilangkan  rasa  stressnya, diantaranya adalah  dengan bermain  game  online. mungkin  awalnnya  iseng,  karena kondisi  yang  tidak  menyenangkan,  dan rasa  nyaman  yang  ditawarkan pada  game  online,  maka  lama-kelamaan  akan  menjadi kecanduan. Apalagi  game online pada umumnya bertingkat-tingkat dari level yang mudah sampai yang paling susah.

Menganggur sangat tidak menyenangkan hal ini tidak hanya terjadi pada  orang  dewasa,  tapi  juga anak-anak. Jangan heran jika anak akan membuat ulah saat anak merasa menganggur. Bermain game online sering dijadikan pelarian yang dicari.

Faktor Eksternal 
Faktor eksternal adalah suatu penyebab yang  dialami oleh seseorang anak berdasarkan dari dorongan luar diri, sebagai  contohnya adalah: (1) Adanya tawaran kebebasan, (2) Kurang perhatian dari orang-orang terdekat, (3) Kurang kontrol dari orang tua, dan (4) Lingkungan. 

Lebih lanjut faktor eksternal akan dijelaskan sebagai berikut ini. Adanya tawaran kebebasan yaitu seorang anak dapat  mengalami dunia baru dalam bermain game online. Ketika mendapatkan tawaran kebebasan untuk bermain game online, sikap anak  mulai menjadi kurang terkontrol dan selalu ingin mencoba  bermain  game  online  ingin  memasuki  dunia yang  baru  atau  dunia kebebasan  karena ada  faktor-faktor  lain  contohnya  anak  merasa  pusing dan stres memikirkan tugas sekolah yang akhirnya meninggalkan aktifitas sebagai pelajar, untuk memasuki dunia yang baru dengan bermain game online.

Beberapa  anak  beranggapan  bahwa  akan  merasa  bahagia  jika mendapatkan perhatian dari orang-orang terdekatnya, terutama ayah dan ibu. Dalam rangka mendapatkan perhatian, anak akan berperilaku yang tidak menyenangkan hati orang tua, karena dengan berperilaku tidak menyenangkan  dan bertindak sesuka hati anak merasa orang tua akan memperingatkan dan mengawasinya. Disinilah anak akan  mulai mendapatkan perhatian dari orang tuanya. Jika selama ini anak suka bersifat agresif atau berperilaku buruk, bisa jadi, tujuan  anak hanyalah ingin mendapatkan perhatian.

Bagi orang tua yang selalu memanjakan anaknya dengan fasilitas, efek kecanduan mungkin sangat terjadi. Anak-anak yang tidak terkontrol biasanya akan berperilaku over. Perilaku anak tidak semata-mata terbentuk dalam keluarga.Pada saat anak sekolah dan bermain dengan teman-temannya, kesemuanya itu dapat membentuk perilaku pada anak. Meskipun dari pihak keluarga tidak mengenalkan game online, jangan kaget jika tiba-tiba anak sudah bisa dan lebih handal memencet  stick atau keyboard untuk bermain game online.
Faktor-faktor Yang Menyebabkan Kecanduan Game Online Faktor-faktor Yang Menyebabkan Kecanduan Game Online Reviewed by Rabudin on June 02, 2019 Rating: 5

No comments:

Silahkan tulis komentar anda pada kolom di bawah. Terima Kasih Telah Berkunjung.

Powered by Blogger.