Penggunaan Media Presentasi Berbasis Macromedia Flash 8 dalam Pembelajaran


Pengertian Media Presentasi dalam Pembelajaran

Media telah dikenal sebagai alat bantu mengajar baik pada pada tingkat sekolah dasar, tingkat sekolah menengah sampai tingkat perkuliahan. Media juga sebagai alat bantu mengajar yang berkembang sedemikian pesatnya sesuai dengan kemajuan teknologi, jenis media yang dimanfaatkan dalam proses pembelajaran cukup beragam, mulai dari media yang sederhana sampai pada media yang cukup rumit dan canggih.

Presentasi adalah salah satu aktivitas yang tidak bisa dilepaskan dari hampir semua bidang pekerjaan saat ini, presentasi telah banyak dikenal di sekolah dan banyak juga guru yang menggunakannya sebagai alat bantu untuk mengajar. Presentasi dapat diartikan sebagai salah satu bentuk komunikasi yaitu pertukaran pesan/informasi antara pemberi pesan dengan seseorang atau beberapa orang, dengan tujuan menginformasikan, meyakinkan, membujuk, menginspirasi, dan menghibur. 

Media presentasi merupakan metode pembelajaran atau cara penyampaian informasi yang disampaikan dalam bentuk ide, gagasan, ataupun penemuan dengan bantuan aplikasi yang dioleh sesuai dengan kreatifiatas penggunaya. Rahadi 2008 (dalam M. Adib Kurniawan 2013: 22) mendefiniskan “Media presentasi merupakan pesan atau materi yang akan disampaikan dimuat dalam sebuah aplikasi dan disajikan melalui perangkat alat saji (Proyektor), materi yang disajikan berupa teks, gambar, animasi dan video yang digabung dalam kesatuan yang utuh”. Selanjutnya Rahadi 2008 (dalam M. Adib Kurniawan 2013: 22) juga mengemukakan bahwa “Media presentasi sendiri memiliki manfaat memudahkan dalam penyampaian pesan atau materi yang akan disampaikan, media presentasi ini memiiki kemampuan dalam pengolahan teks, warna, dan gambar, serta animasi yang bisa diolah sendiri sesuai dengan kreatifitas penggunanya”.


Kelebihan dan Kelemahan Media Presentasi dalam Pembelajaran

Kelebihan dan kelemahan dari media presentasi sudah pasti ada, berikut ini dapat dipaparkan tentang kelebihan dan kelemahan dari media presentasi tersebut. Kelebihan dari media presentasi dalam pembelajaran menurut Kozma (dalam M. Adib Kurniawan 2013: 22) yaitu:
  1. Media presentasi  dapat  meningkatkan  kegiatan  belajar  dan  dapat  membantu pemahaman siswa dalam memahami suatu materi. 
  2. Media presentasi dapat mendorong siswa untuk berpikir, beraktivitas, bekerja sama dan mengeluarkan pendapat.
  3. Penyajiannya menarik karena ada permainan warna, huruf dan animasi, baik animasi teks maupun animasi gambar atau foto.
  4. Lebih merangsang anak untuk mengetahui lebih jauh informasi tentang bahan ajar yang tersaji. 
  5. Pesan informasi secara visual mudah dipahami peserta didik. 
  6. Tenaga  pendidik  tidak  perlu  banyak  menerangkan  bahan  ajar  yang  sedang disajikan. 
  7. Dapat diperbanyak sesuai kebutuhan dan dapat dipakai secara berulang-ulang. 
  8. Dapat disimpan dalam bentuk data optik atau magnetik. (CD/Disket/Flashdisk), sehingga praktis untuk dibawa kemana-mana.

Kelemahan dari mendia presentasi dipaparkan oleh Amier (dalam M. Adib Kurniawan 2013: 22), media presentasi memiliki kelemahan antara lain:
  1. Ketergantungan arus listrik tinggi.
  2. Media pendukungnya relatif mahal karena harus ada komputer dan LCD.
  3. Penggunaan media ini sangat tergantung pada penyaji materi.
  4. Masih sangat terbatas guru yang mampu membuat media presentasi.

Wina Sanjaya (2012: 183) mengatakan “Saat ini banyak program komputer sebagai software yang dapat dimanfaatkan untuk kepentingan presentasi, dari mulai software yang harus dibeli seperti program Visual Basic, Macromedia Flash, dan masih banyak lagi samapai program yang gratis seperti Microsoft Powerpoint”. Sekarang kita fokus pada media presentasi menggunakan aplikasi Macromedia Flash 8.
Penggunaan Media Presentasi Berbasis Macromedia Flash 8 dalam Pembelajaran
Pengertian Macromedia Flash

Perangkat lunak adobe flash yang selanjutnya disebut flash, dulunya bernama macromedia flash, merupakan software multimedia unggulan yang dulunya dikembangkan oleh macromedia, tetapi sekarang dikembangkan dan didistribusikan oleh adobe system. Macromedia flash versi terbarunya adalah Macromedia Flash Profesional 8 yang dikemas dalam satu paket dengan nama Macromedia All in One. Pada awalnya software ini diarahkan untuk membuat animasi atau aplikasi berbasis internet (online). Tetapi pada perkembangannya banyak digunakan untuk membuat animasi berupa game, media pembelajaran atau bahan ajar seperti kuis atau simulasi. Pada versi terbarunya ini dilengkapi berbagai fasilitas yang mampu meningkatkan kinerja pecinta desain dan animasi untuk berkreasi membuat aplikasi-aplikasi unik, animasi-animasi interaktif pada halaman web, film animasi kartun dan presentasi.

Macromedia Flash professional 8 merupakan sebuah program apilkasi standar yang dikeluarkan oleh perusahaan internasional Macromedia yang merupakan aplikasi yang dipakai dan digunakan untuk merancang grafis animasi. Menurut Fadli (2010:1) “Macromedia Flash sendiri merupakan sebuah tool yang dapat digunakan untuk membuat berbagai macam animasi, presentasi, game”.

Macromedia Flash sendri merupakan sebuah tool yang dapat digunakan untuk membuat berbagai macam animasi, presentasi dan game. Menurut Rayandra Asyhar (2012:187) “Macromedia Flash merupakan salah satu program aplikasi yang digunakan untuk mendesain animasi yang banyak digunakan saat ini”. Sedangkan menurut Darmawan (2011:151) menyatakan “Macromedia Flash merupakan software yang digunakan oleh para programmer pembelajaran interaktif, karena macromedia ini tergolong yang paling mudah digunakan”.

Macromedia Flash telah muncul sebagai alat terkemuka untuk mengembangkan multimedia. Dengan adanya aplikasi Macromedia Flash ini, pengguna dapat membuat perencanaan kurikulum dan media presentasi yang terdiri dari teks, gambar dan animasi, slide PowerPoint, dan musik, serta pertanyaan tes atau evaluasi dalam pembelajaran. 

Menurut Jayadi (2008) “macromedia flash adalah salah satu program software yang mampu menyajikan pesan audiovisual secara jelas kepada siswa dan materi yang bersifat nyata, sehingga dapat diilustrasikan secara lebih menarik kepada siswa dengan berbagai gambar animasi yang dapat merangsang minat belajar siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran”. Sedangkan menurut Madcom (2004:12) “Macromedia Flash 8.0 adalah program grafis yang diperuntukan untuk motion atau gerak dan dilengkapi dengan script untuk programming (action script) dengan program ini memungkinkan pembuatan animasi media interaktif, game”.

Berdasarkan beberapa pengertian Macromedia Flash yang di paparkan oleh para ahli, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa yang dimaksud dengan macromedia flash dalam pembelajaran adalah suatu software aplikasi yang digunakan untuk melakukan desain dan membangun perangkat media pembelajaran agar lebih menarik dan mudah di pahami dalam menyampaikan pembelajaran. Dengan demikian macromedia flash sejalan dengan pertumbuhan pendidikan, yakni dapat memberi kontribusi pada siswa untuk menumbuhkan semangat dalam bentuk proses pembelajaran dan dapat memusatkan perhatian serta pemahaman siswa lebih dalam mengenai materi tersebut dengan cara yang menyenangkan dan lebih berkesan sehingga dapat meningkatkan hasil belajar.


Langkah-langkah Pembelajaran Menggunakan Macromedia Flash

Untuk mendesain pelajaran yang hendak disampaikan melalui pembelajaran menggunakan macromedia flash, seorang guru harus menyiapkan langkah-langkah pembelajaran yang berbeda antara satu media pembelajaran dengan media pembelajaran yang lain. Ada pun langkah-langkah pembelajaran dengan media pembelajaran macromedia flash ini dijelaskan sebagai berikut:

1. Pembuatan presentasi untuk pembelajaran

Sebelum guru melaksanakan pembelajaran di kelas hendaknya guru tersebut membuat persiapan presentasi terlebih dahulu yang dapat mendukung terciptanya pembelajaran yang diharapkan. Dalam hal ini pembuatan media pembelajaran macromedia flash tersebut memiliki elemen-elemen seperti animasi, interaksi, multimedia, standar kompetensi, kompetensi dasar dan tujuan pembelajaran. Pembuatan media pembelajaran tersebut berupa pembuatan format presentasi yang nantinya akan digunakan didalam kelas. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam pembuatan slide presentasi, diantaranya yaitu:
  • Tidak semua materi yang diajarkan di informasikan semuanya dalam presentasi.
  • Presentasi mencakup pokok-pokok materinya saja.
  • Sebaiknya pada akhir presentsi dibuatkan evaluasi untuk siswa.

2. Pelaksanaan Pembelajaran

Sebelum melaksanakan pembelajaran ada beberapa persiapan yang perlu dilakukan, yaitu:
  • Mempersiapkan materi dan media pembelajaran macromedia flash yang akan digunakan dalam presentasi.
  • Mempersiapkan perangkat-perangkat yang dibutuhkan dalam kegiatan belajar mengajar dan menyiapkan ruang presentasi.
  • Menggunakan media pembelajaran macromedia flash di ruang kelas untuk menjelaskan materi sesuai dengan tujuan pembelajaran.
  • Kegiatan belajar dievaluasi, sampai sejauh mana tujuan pengajaran tercapai, dan sejauh mana pengaruh media pembelajaran sebagai alat bantu dan menjunjung keberhasilan proses belajar siswa
Penggunaan Media Presentasi Berbasis Macromedia Flash 8 dalam Pembelajaran Penggunaan Media Presentasi Berbasis Macromedia Flash 8 dalam Pembelajaran Reviewed by Rabudin on May 17, 2019 Rating: 5

No comments:

Silahkan tulis komentar anda pada kolom di bawah. Terima Kasih Telah Berkunjung.

Powered by Blogger.