Mengapa Guru Harus Kreatif? Menjadi Guru Kreatif


Hidup seorang guru menjadi sangat penting terutama pada zaman sekarang dengan tingkat persaingan pendidikan yang sangat tinggi. Hidup guru berkaitan dengan kehidupan bangsa artinya mutu kehidupan bangsa ditentukan oleh mutu kehidupan seorang guru. Oleh karena itu, kehidupan sehari-hari yang dijalani oleh seorang guru dituntut untuk kreatif.

Mengapa guru harus kreatif? Apabila seorang guru tidak kreatif, kehidupan belajar itu tidak berwarna, tidak ada lagi yang baru dalam kehidupan seorang guru. Bayangkan jika kegiatan belajar tidak berwarna dan seorang guru hanya melakukan pembelajaran seperti biasa, masuk kelas, mengajar, keluar kelas. Hal ini akan sangat membosankan terutama bagi siswa sebagai pelaku belajar dan kebiasaan tersebut menular secara mengglobal? Guru harus kreatif karena guru kreatif akan menjadikan kehidupan itu sangat kaya dan bervariasi. Guru yang tidak kreatif akan membuat kehidupan ini membosankan, monoton, dan tidak bermakna.

Bagaimana Menjadi Guru Kreatif?
Pertanyaan inilah yang muncul setelah kita tahu pentingnya menjadi guru kreatif.  Kita tahu bahwa guru adalah pendidik yang profesional dengan tugasnya mendidik, mengajar, melatih, mengarahkan, membimbing, dan mengevaluasi siswa mulai dari pendidikan dasar sampai pendidkan menengah bahkan ke perguruan tinggi.

Menjadi guru kreatif tentu tidaklah mudah, proses dan pengalaman juga berperan untuk memunculkan pengetahuan yang luas. Murray Louis mengatakan "Kreatifitas itu ada di dalam setiap diri, bukan berada di luar diri. Kreativitas adalah sebuah permasalahan pribadi". Kreativitas merupakan salah satu modal penting bagi guru untuk mewarnai kelas dalam proses pembelajaran. Kreativitas juga dapat kita artikan sebagai proses pencarian ke dalam diri sendiri yang penuh tumpukan kenangan, pikiran, dan sensasi hingga ke sifat yang paling mendasar bagi kehidupan. Apabila proses kreativitas tidak dimulai dari sumber seperti ini, ada bahaya karena dapat menimbulkan terjadinya pengalaman sebatas permukaan yang akan menghasilkan suatu kajian yang dangkal.

Setiap guru memiliki metode masing-masing dalam mengajar berdasarkan pegalaman dan pengetahuanya. Namun disini, berdsarkan pendapat saya pribadi ada beberapa hal untuk menjadikan seorang guru kreatif dengan potensi yang dimiliki setiap diri dapat menerapkan beberapa prinsip, yaitu: fleksibel, optimis, respek, cekatan, humoris, inspiratif, lembut, disiplin, responsif, empirik, dan bersahabat. Seorang guru yang kreatif mampu mengajak siswa untuk aktif, kreatif, dan inovatif dalam belajar sehingga siswa dengan pikirannya "tergerakkan" oleh materi yang ada di dalam buku. Dengan mengedepankan kreativitas guru diharapkan setelah melakukan proses belajar mengajar tentang apa yang disampaikan oleh guru kepada siswa dapat menciptakan hal-hal baru dan berbeda (tidak kelauar dari materi) dari sesuai dengan potensi-diri yang dimilikinya.
Mengapa Guru Harus Kreatif? Menjadi Guru Kreatif Mengapa Guru Harus Kreatif? Menjadi Guru Kreatif Reviewed by Rabudin on May 31, 2019 Rating: 5

No comments:

Silahkan tulis komentar anda pada kolom di bawah. Terima Kasih Telah Berkunjung.

Powered by Blogger.